eBlog Templates

Sabtu, 01 Januari 2011

Mencegah Stroke Dengan Wortel

Indikasi serangan stroke adalah semakin banyaknya sel syaraf yang rusak [kerusakan neurologis] pada tubuh kita. Hal ini diakibatkan karena otak tidak mendapat asupan oksigen yang cukup selama beberapa waktu tertentu sehingga sel mengalami malfungsi yaitu sel-sel syaraf mengalami kerusakan oksidatif. Fungsi vitamin A di sini adalah meredam kerusakan oksidatif tersebut, sehingga wortel menjadi penting bagi penderita stroke, bahkan memiliki kesempatan untuk sembuh.

Anti-stroke pada wortel disebabkan karena kandungan beta karotennya mampu mencegah plak atau penumpukan kolesterol dalam darah. Hal ini berfungsi untuk menjaga asupan oksigen secara maksimal di dalam darah. Beta karoten atau yang dikenal juga sebagai pro vitamin A tidak mengandung kolesterol. Stroke selama ini disebabkan oleh timbunan lemak yang teroksidasi di pembuluh darah, oleh sebab itu konsumsi wortel secara tepat mampu menjadi tindakan pencegahan dan penyembuhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi wortel sebanyak 5 kali dalam seminggu mampu menurunkan risiko serangan stroke. Hal ini juga penting untuk mengurangi potensi serangan jantung koroner pada manusia.Wortel juga berguna untuk mengurangi risiko terjangkit penyakit diabetes, kanker payudara dan kanker usus besar. Konsumsi wortel secara teratur juga bermanfaat untuk menjaga asupan vitamin A dalam tubuh seorang perokok. Kandungan bensopyrine dalam asap rokok menurunkan kandungan vitamin A dalam tubuh sehingga berpotensi kanker dan pembengkakan paru-paru.

Wortel yang kondisinya bagus adalah yang berwarna muda dan terang, hal ini menunjukkan bahwa wortel tersebut masih dalam keadaan segar. Semakin cerah warna orange wortel, maka mutunya semakin bagus. Perlu diperhatikan, wortel yang baik untuk dikonsumsi itu seharusnya direbus dulu. Hal ini agar beta karoten mudah diserap oleh tubuh kita. Meski banyak sekali manfaat dari wortel, kita tetap harus mengkonsumsinya dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Bila tangan kita berubah menjadi kekuningan, itu tandanya konsumsi wortel kita berlebih. Sebaiknya hentikan dulu konsumsi wortel. Bila warna kekuningan itu sudah hilang, konsumsi wortel bisa dilanjutkan lagi.

Mencegah Stroke Dengan Wortel [www.dechacare.com] Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2091314-mencegah-stroke-dengan-wortel-www/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger

abbegrt