eBlog Templates

Sabtu, 01 Januari 2011

"Pisang" Teman Setia Berdiet

Benarkah pisang teman setia dalam kita melakukan diet. Memang ada keraguan kalau pisang bisa berbuat banyak menurunkan berat badan. Sedang berusaha menurunkan berat badan? Mungkin banyak makanan berusaha Anda hindari termasuk pisang. Padahal pisang merupakan buah sepanjang musim yang sarat nutrisi. Aromanya wangi, lembut rasanya dan tidak membuat berat badan naik!

Jika Anda penyuka buah segar, tak perlu bingung jika sedang berdiet menurunkan berat badan. Pisang merupakan buah sepanjang musim yang mudah dicerna dan boleh dikonsumsi. Buah berwarna kuning dan beraroma wangi ini berasal dari Asia Tenggara.

Tanaman segala musim yang mudah tumbuh ini kemudian tersebar hingga Madagaskar, amerika Selatan dan Tengah. Ragam pisang juga banyak, di antaranya pisang serap, pisang hias, pisang buah (musa paradisical L.), pisang ambon lumut, pisang ambon kuning, pisang tanduk, pisang raja, dan pisang nangka.

Dibandingkan buah-buahan yang mengandung lebih banyak air, pisang memiliki tekstur lebih padat, tak heran jika ada yang menganggap pisang bikin gemuk. Namun, Martica Heaner, Ph.D., M.A., M.Ed., ahli kebugaran justru berpendapat sebaliknya.

Setiap buah pisang memiliki kandungan sekitar 100 kalori. Berarti setengah jumlah kalori dari minuman energi. Pisang memang memiliki lemak, namun hanya sedikit, dan merupakan jenis lemak yang baik. Tak hanya itu, pisang pun memiliki sedikit kandungan protein, serta kandungan lain, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, dan banyak vitamin B.

Diterangkan lebih lanjut oleh Martica Heaner, pisang merupakan camilan yang mengandung karbohidrat, potasium, dan magnesium, yang bisa hilang selama sesi latihan yang keras. Jadi, jika dimakan sebelum olahraga, bisa mengembalikan energi dan elektrolit yang terhilang. Plus, setiap potong buah pisang, terdapat 3 gram serat. Ini akan memberi rasa kenyang.

Ternyata, pisang memiliki gula buah yang lebih tinggi dari pada buah lain, namun gula alami pada buah bukan gula yang berbahaya dan membuat gemuk. Karena kalori pada pisang tidak banyak, sehingga jumlah gula alami pada pisang tak perlu dirisaukan.



"Jika Anda mengkonsumsi sekitar 10 pisang, sekitar 1.000 kalori, Anda baru bisa gemuk. Namun, kemungkinan terbesar Anda tak akan kuat memakan 10 buah pisang sekaligus. 1-2 buah saja sudah cukup mengenyangkan." jelas Heaner.

Nah, ternyata pisang bisa dikonsumsi saat berdiet. Dengan makan 1 atau 2 buah pisang Anda akan merasa kenyang dan tak perlu khawatir akan gemuk.
Diperiksa oleh:MasDika

"Pisang" Teman Setia Berdiet Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2062690-pisang-teman-setia-berdiet/

1 komentar:

mike mengatakan...

I am once again feeling happy and proud to say that this is my favorite web site.The postings are very unique and also out standing performance with the new creativity and excellency with the new different ideas and concepts.Really I am waiting for some more new posts from you.Keep up your excellency and efficiency in this same levels. salt lake security systems

Posting Komentar

 
Powered by Blogger

abbegrt